Follow me if you want something

Jumat, 30 September 2011

Mekanisme Transportasi Sel melalui Membran Plasma

Dalam Postingan saya kali ini, saya akan menjelaskan tentang Mekanisme Transportasi Sel , khususnya dalam Mekanisme Transpor Aktif...
Langsung saja.....

*Transpor Aktif
   Transpor aktif adalah perpindahasn molekul dari daerah konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi , atau melawan gradien konsentrasi sehinggas diperlukan energi yang berasal dari hidrolisis ATP. Transpor aktif ini berfungsi memelihara keseimbangan di dalam sel.
   Transpor aktif selalu diikuti oleh Na ke luar dan K ke dalam sel. Mekanisme transpor tersebut sangat penting bagi berbagai sistem fungsional tubuh seperti serabut-serabut otot dan saraf di dalam proses pengantaran impuls saraf, dan bagi semua sel tubuh untuk mencegah pembengkakan sel. Mekanisme tersebut sering kali disebut pompa natrium-kalium.
   Mekanisme transpor natrium sendiri dapat melawan kecenderungan pembengkakan sel dengan terus menerus mengangkut natrium ke luar membran sel yang mengawali kecenderungan osmotik yang berlawanan untuk menggerakan molekul air keluar membran sel. Jika metabolisme sel berhenti sehingga energi dari ATP tidak tersedia untuk mempertahankan kerja pompa natrium, maka sel-sel mulai membengkak dan pada akhirnya akan pecah.
   Di dalam sel, Na dijaga agar lebih rendah dari Na di luar sel, sedangkan K dijaga agar tetap lebih tinggi dari K di luar. Sel K dan Na di pompa berlawanan dengan gradien konsentrasi. Kedua pompa ion tersebut bekerja secara bersamaaan dengan bantuan hidrolisis ATP. Selain ATP, pompa natrium kalium juga dibantu oleh enzim AEP-ASE.

Berikut adalah gambar skema aktivitas pemompaan ion Na dan Ion K pada membran sel

Keterangan gambar :

1. pengikatan Na sitoplasmik dengan protein menstimulasi fosforilasi oleh ATP
2. fosforilasi menyebabkan perubahan susunan protein
3. perubahan konformasi mengusir Na keluar dari K ekstraseluler diikat
4. pengikatan K memicu pelepasan gugus fosfat
5. kehilangan fosfat membentuk kembali susunan protein asli
6. K dilepaskan dan tempat Na mampu mengikat kembali ; siklus berulang.


ok, itulah postingan saya kali ini tentang Transpor Aktif,  semoga berguna bagi kalian yang membutuhkan..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar